Penjualan - Langkah-langkah Menjual Produk :
Ketahui Apa Yang Anda Jual – Memiliki pengetahuan tentang
produk adalah hal yang wajib bagi tenaga penjual. Tidak ada hal yang lebih
menyebalkan bagi pelanggan jika bertemu dengan tenaga penjual yang setengah
hati menjelaskan keuntungan dan kelebihan produk yang dijualnya. Kenapa
konsumen harus membeli produk Anda? Apa kelebihan produk dari produk Anda
dibandingkan dengan produk lain yang sejenis. Dengan pengetahuan yang cukup
tentang produk yang akan dijual, maka tenaga penjual dapat memberikan informasi
tentang produk kapada calon konsumen dengan baik. Selain itu, produk dapat
menentukan pasar, diana produk akan dijual.
Lakukan Riset Pasar – Langkah yang ini tidak boleh diabaikan.
Riset pasar merupakan kebutuhan wajib. Dengan riset pasar, perusahaan dapat
mengetahui jumlah permintaan, harga pemasaran atau harga pesaing, apa keinginan
dan keluhan pelanggan, kepuasan pelanggan terhadap produk dan berbagi informasi
lainnya.
Terapkan Strategi Yang Tepat – Setelah Anda melakukan riset
pasar, Anda akan dapat menentukan strategi apa yang tepat untuk memasarkan
produk Anda. Berikut strategi yang bisa Anda terapkan dalam menjual produk.
- Door to Door – Pemasaran dari pintu ke pintu adalah cara klasik yang masih sangat efektif untuk menjual produk. Anda harus memiliki banyak tenaga penjual untuk melaksanakan strategi ini, bekali mereka dengan pengetahuan yang cukup.
- Pemasaran Lewat Telepon / Seluler – Beberapa waktu lalu, saya menerima telepon dari klinik alternatif. Mereka menawarkan pemeriksaan gratis, dan kebetulan ada tetangga saya yang sakit yang cukup parah. Singkat cerita mereka berhasil meyakinkan saya untuk membeli produk obat-obatan mereka. Strategi yang sangat efektif bukan!! Anda bisa mendapatkan daftar nomer telepon lokasi dari yellowpages.
- Pemasaran Online – Pemasaran online sangat populer saat ini, bahkan lebih praktis dan mudah, bahkan Anda dapat melakukannya sebagai sambilan untuk mengisi waktu luang.
- Bundling – Gabungkan dua atau lebih produk menjadi satu. Cara ini masih sangat efektif, Anda dapat melakukan kerjasama dengan perusahaan lain. Sebagai contoh, misalnya Anda menghasilkan produk sikat gigi maka Anda dapat bekerja sama dengan perusahaan yang menghasilkan produk pasta gigi. Penjualan paket seperti ini akan sangat menarik perhatian konsumen.
- Pemasaran Acak – Hampir sama dengan promosi, Anda dapat menjual di jalan-jalan, tempat keramaian, pameran dan sebagainya. Cara seperti ini memang membutuhkan energi ekstra keras dan kreatifitas yang lebih agar dapat menarik konsumen.
- Masukan Produk ke Toko – Model bisnis ke bisnis akan sangat menguntungkan. Kerjasama dengan toko terkemuka akan mempermudah dalam pemasaran produk Anda. Ajukan proposal kerjasama penjualan ke toko, berikan informasi yang lengkap dan penuhi persyaratan standar, seperti uji klinis, sertifikat halal dari MUI, BPOM dan lain-lainnya.
Iklan dan Promosi – Periklanan dan promosi merupakan bagian
yang sangat penting untuk memberikan informasi produk dan meningkatkan
kesadaran merek produk kepada konsumen secara luas. Ini akan memudahkan proses
pemasaran, jika masyarakat sudah mengetahui tentang produk Anda.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar