Join

Join

Pasang Iklan Banner
Cukup Klik Disini !

Kamis, 14 Februari 2013

Definisi dan Tujuan Promosi Ekspor

Definisi promosi
Promosi adalah upaya penjual dalam memperkenalkan komoditas yang dihasilkan kepada calon pembeli.
Tujuan promosi adalah untuk menarik minat calon pembeli terhadap komoditas yang akan diperkenalkan.
Apa yang dimaksud dengan promosi ekspor

Promosi ekspor adalah upaya penjual (eksportir) memperkenalkan komoditas yang dihasilkannya kepada calon pembeli di luar negeri (importer) dengan tujuan menarik minat mereka untuk membeli komoditas yang diperkenalkan dengan pembayaran dengan valuta asing.

Bagaimana posisi promosi dalam pemasaran ekspor
Promosi memegang peranan kunci nan strategis dalam strategi pemasaran ekspor. Promosi menduduki posisi selaku ujung tombak dalam kegiatan pemasaran suatu komoditas. Tanpa promosi calon pembeli tidak akan mengenal dengan baik komoditas yang kita hasilkan. Tanpa mengenal komoditas kita, calon pembeli tidak akan berminat untuk membelinya. Tanpa pembeli , komoditas kita tidak akan laku diekspor.


Promosi merupakan salah satu unsure dari strategi bauran pemasaran. Unsure-unsur bauran pemasaran itu antara lain:

a. Product yaitu komoditas yang kita hasilkan
b. Price yaitu harga penjualan yang kita tawarkan.
c. Promotion yaitu upaya memperkenalkan komoditas.
d. Place of distribution yaitu wilayah sasaran ekspor.
e. Power yaitu bantuan pemerintah dalam mendorong ekspor.
f. Public support yaitu kekuatan lobby legislative dalam mendorong ekspor.
Keenam unsure ini disebut 6Pnya, disebut Marketing Mix (Bauran pemasaran)


Media apa yang dipakai untuk berkomunikasi
Pada umumnya media yang digunakan adalah surat menyurat karena penjualan dan pembeli berdomisli di dua Negara yang berbeda. Pengalaman menunjukkan 80% dari transaksi perdagangan ekspor dilakukan dengan cara korespondensi dan 20% sisanya dilakukan dengan cara negosiasi tatap muka yang akhirnya juga dikonfirmasukan dalam bentuk tertulis.

Tidak ada komentar: