Definisi promosi
Promosi adalah upaya penjual dalam memperkenalkan komoditas yang dihasilkan kepada calon pembeli. Tujuan promosi adalah untuk menarik minat calon pembeli terhadap komoditas yang akan diperkenalkan.
Apa yang dimaksud dengan promosi ekspor
Promosi ekspor adalah upaya penjual (eksportir) memperkenalkan komoditas
yang dihasilkannya kepada calon pembeli di luar negeri (importer)
dengan tujuan menarik minat mereka untuk membeli komoditas yang
diperkenalkan dengan pembayaran dengan valuta asing.
Bagaimana posisi promosi dalam pemasaran ekspor
Promosi memegang peranan kunci nan strategis dalam strategi pemasaran
ekspor. Promosi menduduki posisi selaku ujung tombak dalam kegiatan
pemasaran suatu komoditas. Tanpa promosi calon pembeli tidak akan
mengenal dengan baik komoditas yang kita hasilkan. Tanpa mengenal
komoditas kita, calon pembeli tidak akan berminat untuk membelinya.
Tanpa pembeli , komoditas kita tidak akan laku diekspor.
Promosi merupakan salah satu unsure dari strategi bauran pemasaran. Unsure-unsur bauran pemasaran itu antara lain:
a. Product yaitu komoditas yang kita hasilkan
b. Price yaitu harga penjualan yang kita tawarkan.
c. Promotion yaitu upaya memperkenalkan komoditas.
d. Place of distribution yaitu wilayah sasaran ekspor.
e. Power yaitu bantuan pemerintah dalam mendorong ekspor.
f. Public support yaitu kekuatan lobby legislative dalam mendorong ekspor.
Keenam unsure ini disebut 6Pnya, disebut Marketing Mix (Bauran pemasaran)
Media apa yang dipakai untuk berkomunikasi
Pada umumnya media yang digunakan adalah surat menyurat karena penjualan
dan pembeli berdomisli di dua Negara yang berbeda. Pengalaman
menunjukkan 80% dari transaksi perdagangan ekspor dilakukan dengan cara
korespondensi dan 20% sisanya dilakukan dengan cara negosiasi tatap muka
yang akhirnya juga dikonfirmasukan dalam bentuk tertulis.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar