Sebuah layanan bookmark sosial adalah layanan online
terpusat yang memungkinkan pengguna untuk menambahkan, keterangan, mengedit,
dan berbagi bookmark dokumen web. Banyak layanan bookmark online manajemen telah
diluncurkan sejak tahun 1996, Lezat, didirikan pada tahun 2003, mempopulerkan
istilah "social bookmark "dan" tagging ". Tagging adalah fitur yang
signifikan dari sistem bookmark sosial, memungkinkan pengguna untuk mengatur
bookmark mereka dengan cara yang fleksibel dan mengembangkan kosakata bersama
yang dikenal sebagai folksonomy.
Meskipun tidak ada kosa kata terkontrol pusat untuk membatasi tindakan pengguna individu, distribusi tag yang menggambarkan sumber daya yang berbeda telah terbukti untuk berkumpul dari waktu ke waktu untuk stabil kekuatan hukum distribusi. Setelah stabil seperti distribusi bentuk, kolerasi antara tag yang berbeda dapat diperiksa untuk membangun grafik folksonomy sederhana, yang dapat secara efisien dipartisi untuk mendapatkan bentuk kosakata masyarakat atau bersama. Sementara kosakata tersebut menderita beberapa masalah informalitas dijelaskan di bawah ini , mereka dapat dilihat sebagai muncul dari tindakan desentralisasi banyak pengguna.
Dari sudut pandang pencarian data, ada kelemahan seperti tag-sistem berbasis: tidak mengatur standar kata kunci, sebuah folksonomy bukan dari kosa kata yang terkontrol, tidak ada standar untuk struktur tag tersebut (misalnya, tunggal vs jamak, kapitalisasi), mistagging akibat kesalahan ejaan, tag yang dapat memiliki lebih dari satu arti, tag tidak jelas karena sinonim / antonim kebingungan, lazim dan schemata tag pribadi dari beberapa pengguna, dan tidak ada mekanisme bagi pengguna untuk menunjukkan hirarki hubungan antara tag (misalnya, situs mungkin akan dicap sebagai baik keju dan cheddar, tanpa mekanisme yang mungkin menunjukkan cheddar yang merupakan perbaikan atau sub-kelas dari keju).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar