Join

Join

Pasang Iklan Banner
Cukup Klik Disini !

Kamis, 13 Desember 2012

Apa itu Social Bookmark?


Sebuah layanan bookmark sosial adalah layanan online terpusat yang memungkinkan pengguna untuk menambahkan, keterangan, mengedit, dan berbagi bookmark dokumen web. Banyak layanan bookmark online manajemen telah diluncurkan sejak tahun 1996, Lezat, didirikan pada tahun 2003, mempopulerkan istilah "social bookmark "dan" tagging ". Tagging adalah fitur yang signifikan dari sistem bookmark sosial, memungkinkan pengguna untuk mengatur bookmark mereka dengan cara yang fleksibel dan mengembangkan kosakata bersama yang dikenal sebagai folksonomy.

Folksonomy itu sendiri adalah Bentuk sederhana dari kosa kata bersama tidak muncul dalam sistem bookmark sosial (folksonomy). Penandaan kolaborasi menunjukkan suatu bentuk system yang komplek atau mengorganisir diri dinamika.
Meskipun tidak ada kosa kata terkontrol pusat untuk membatasi tindakan pengguna individu, distribusi tag yang menggambarkan sumber daya yang berbeda telah terbukti untuk berkumpul dari waktu ke waktu untuk stabil kekuatan hukum distribusi. Setelah stabil seperti distribusi bentuk, kolerasi antara tag yang berbeda dapat diperiksa untuk membangun grafik folksonomy sederhana, yang dapat secara efisien dipartisi untuk mendapatkan bentuk kosakata masyarakat atau bersama. Sementara kosakata tersebut menderita beberapa masalah informalitas dijelaskan di bawah ini , mereka dapat dilihat sebagai muncul dari tindakan desentralisasi banyak pengguna.
 
Dari sudut pandang pencarian data, ada kelemahan seperti tag-sistem berbasis: tidak mengatur standar kata kunci, sebuah folksonomy bukan dari kosa kata yang terkontrol, tidak ada standar untuk struktur tag tersebut (misalnya, tunggal vs jamak, kapitalisasi), mistagging akibat kesalahan ejaan, tag yang dapat memiliki lebih dari satu arti, tag tidak jelas karena sinonim / antonim kebingungan, lazim dan schemata tag pribadi dari beberapa pengguna, dan tidak ada mekanisme bagi pengguna untuk menunjukkan hirarki hubungan antara tag (misalnya, situs mungkin akan dicap sebagai baik keju dan cheddar, tanpa mekanisme yang mungkin menunjukkan cheddar yang merupakan perbaikan atau sub-kelas dari keju).

Tidak ada komentar: