Salah satu keputusan yang sangat penting sebelum memulai usaha bisnis
waralaba adalah memilih lokasi yang tepat dan strategis sebagai tempat
usaha. Karena lokasi ikut berperan menentukan tingkat kesuksesan usaha
Anda.
Jika tidak atau belum memiliki bayangan seberapa strategis lokasi
yang ingin Anda pilih, sebaiknya meminta kepada franchisor untuk memberi
gambaran tentang lokasi tempat usaha itu. Atau, mintalah nasehat kepada
franchisor dimana sebaiknya lokasi yang tepat untuk usaha Anda.
Biasanya, franchisor melakukan studi (riset) pasar sebelum memberikan
persetujuan kepada franchisee. Riset ini salah satunya mengenai trade
area franchise untuk mengetahui secara demografis potensi usaha dan
informasi yang berhubungan dengan lokasi/tempat belanja masyarakat.
Tidak ada salahnya jika Anda meminta lebih rinci gambaran dan potensi
lokasi yang direncanakan.
Berikut beberapa yang harus dipertimbangkan dalam memilih lokasi :
1. Kepadatan penduduk
Kepadatan penduduk menjadi salah satu indikator besarnya potensi pasar
usaha yang ingin Anda geluti, meskipun hal ini belum menjadi ukuran
final. Apakah bisa dijadikan sebagai tempat belanja masyarakat.
2. Penghasilan
Jika kepadatan penduduk tidak linear dengan daya beli masyarakatnya,
maka berarti lokasi itu tidak tepat sebagai tempat/pusat perbelanjaan.
Karena itu, perlu Anda cermati bagaimana penghasilan penduduk di area
trade Anda. Apakah lingkungan dekat menyukai jika mereka ditawarkan
produk dari usaha franchise atau pusat perbelanjaan yang Anda miliki?
3. Jumlah usaha
Adakalanya, lokasi yang dipilih merupakan pusat shopping (pusat
shopping) atau sentra perdagangan. Nah, apakah banyaknya usaha
berpengaruh kepada lokasi? Apakah tipe bisnis di area itu menggunakan
produk atau service yang ditawarkan franchise?
4. Tempat
Ada beberapa tipe tempat yang bisa dipilih untuk usaha Anda seperti mal
(shopping mall), sentra usaha, perumahan, pinggir jalan dan sebagainya.
Anda perlu menanyakan, apakah kebanyakan franchisee yang sukses berada
di lokasi franchise seperti di dalam mal, di bagian yang paling ramai,
di bagian terpisah dari mal, stand atau bangunan tersendiri atau di
sentra industri?
5. Jumlah Traffic
Berapa banyak kendaraan yang lalu lalang di lokasi itu per harinya?
Apakah orang yang lalu lalang akan dapat melihat tanda bisnis (plang)
Anda? Apakah lokasinya mudah diakses?
6. Pusat keramaian
Jika lokasi berada di bagian mal misalnya Mall Depok Town Square,
kebanyakan pusat lalu lalang yang terbaik adalah di outlet-outlet
makanan. Kadang-kadang, di seberang jalan mal juga menjadi tempat yang
di penuhi orang lalu lalang dan biasanya harga sewanya juga lebih murah.
Bisa juga lokasinya di rumah sakit, kampus atau di pusat-pusat orang
datang.
7. Akses karyawan
Bisa saja lokasi yang jarak tempuhnya sangat jauh menjadi kontra
produktif buat karyawan Anda. Karena itu, lokasi sebaiknya terbilang
cukup dekat terutama bagi karyawan utama Anda. Misalnya Mall Depok Town
Square.
8. Zona
Jika lokasi yang Anda pilih bukan daerah perdagangan semacam shopping
mall atau tidak cocok dengan usaha Anda, sebaiknya tidak dipaksakan.
Maka, perlu juga Anda menanyakan, apakah zona lokasi cukup pantas untuk
bisnis Anda.
9. Kompetisi
Pertimbangkan juga tingkat kompetisi usaha yang ingin Anda jalankan.
Jika di lokasi tersebut sudah jenuh dengan usaha yang menawarkan produk
sejenis, bisa jadi lokasi itu menjadi tidak strategis buat Anda.
10. Appearance
Anda pasti ingin usaha Anda terlihat berwibawa dan lingkungan di
sekeliling lokasi tidak mengganggu usaha franchise Anda. Tanyakan kepada
franchisor, apakah area lokasi cukup bersih dan terkendali? Apakah
lingkungannya juga cukup baik?
Selanjutnya, mintalah franchisor membantu Anda bernegosiasi untuk
mendapatkan lokasi yang strategis dan harga sewa yang lebih murah.
Karena bisa saja dalam kasus tertentu, usaha tersebut dibutuhkan,
misalnya oleh real estat untuk menjaring pasar.
” Pemilihan Tempat Juga berpengaruh besar pada Usaha yang akan kita
bangun ,jadi sebelum memulai Usaha Tentukan dulu atau di Riset dulu
Lokasi yang akan kita jadikan Tempat Usaha Kita. Jangan sampai bisnis
yang kita jalani ternyata mendapatkan kendala khususnya karena Letak
yang kurang Strategis.” (sumber)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar