Join

Join

Senin, 30 Juli 2012

Pengertian Iklan Baris

Iklan baris berasal dari kata B.Inggris yaitu “Classified advertising”  yang artinya salah satu cara promosi iklan dan jasa/usaha yang umumnya ditemukan di koran. Cara ini merupakan pengembangan dari promosi iklan baris yang mengutamakan daya tarik dengan gambar dan dengan informasi yang lebih lengkap dan terinci/ter-up date.
Iklan baris mengutamakan informasi yang paling inti yang perlu diketahui oleh peminatnya. Karena itu biasanya iklan baris hanya memuat informasi seperlunya dan hanya membutuhkan beberapa baris saja. Biasanya koran-koran mensyaratkan iklan baris minimal 2 sampai 3 baris saja.
Karena tidak menggunakan gambar sebagai daya tariknya, iklan baris dimuat secara berkelompok sesuai dengan isinya. Misalnya, kelompok barang yang dijual dipasang dalam baris yang berbeda dengan kelompok barang yang dicari. Selanjutnya, barang-barang yang dijual pun diklasifikasikan lebih jauh: jual/beli tanah, rumah, mobil, motor, dll.
Penjual dan pembeli biasanya memberikan nomor telepon atau alamat rumah di mana barang itu dapat dilihat, dibeli, dan diambil dengan mudah.
Karena ukurannya jauh lebih kecil dari pada iklan biasa, iklan baris umumnya lebih murah dari pada iklan-iklan lain. Pemuatannya pun jauh lebih sederhana karena tidak membutuhkan art-work atau ilustrasi grafis, sehingga koran-koran umumnya dapat menerima iklan baris untuk segera dimuat dalam penerbitan esok harinya.
Perkembangan teknologi media di masa kini membuat iklan baris tidak lagi terbatas pada koran, tetapi juga media lainnya, seperti media online, dan televisi.

Tidak ada komentar: