Layanan Iklan Baris Masyarakat - Layanan iklan (bahasa Inggris:
Public Service Ad atau disingkat
PSA) adalah
layanan gratis penuh perusahaan media yang mengkhususkan diri dalam
periklanan, desain produksi dan konsultasi untuk cetak atau web. Selama 40 tahun kami telah menjadi pemimpin dalam kualitas untuk perusahaan dan badan-badan besar dan kecil. Dari
warna dikoreksi fotografi produk untuk katalog dan materi pemasaran,
untuk grafis gerak dan manajemen iklan online, kami yang berpengalaman
di rumah staf siap untuk tantangan apapun. Iklan yang menyajikan pesan-pesan sosial yang bertujuan untuk
membangkitkan kepedulian masyarakat terhadap sejumlah masalah yang harus
mereka hadapi, yakni kondisi yang bisa mengancam keselarasan dan
kehidupan umum.
Kriteria Iklan Layanan Masyarakat
Menurut dewan periklanan di Amerika Serikat yang mensponsori
ILM ada
beberapa kriteria yang digunakan untuk menentukan sebuah iklan tertentu
merupakan
iklan layanan masyarakat atau bukan.
- Tidak komersil (eg: advertising helmets in drive)
- Tidak bersifat keagamaan.
- Tidak bersifat politis.
- Berwawasan nasional
- Diperuntukkan untuk semua lapisan masyarakat.
- Diajukan oleh organisasi yang telah diakui dan diterima.
- Dapat diiklankan.
- Mempunyai dampak dan kepentingan tinggi sehingga patut memperoleh dukungan media lokal maupun nasional.
Di Indonesia tidak ada organisasi khusus yang dibentuk untuk
menangani
ILM. Pada umumnya
ILM dibuat secara sendiri-sendiri oleh
biro iklan yang bekerja sama dengan media dan pengiklan. Hal ini
mengakibatkan kurangnya komitmen dan sinergi dalam merumuskan iklan,
biaya, serta pesan yang ingin disampaikan sehingga
ILM tidak dilakukan
secara rutin. Selain itu
ILM juga dikenakan pajak iklan, walalupun ruang
dan waktunya disumbangkan oleh media.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar